25 January 2015

Haniyah Sampaikan Belasungkawa Atas Wafatnya Wakil Pemimpin Ikhwan


Ahad 4 Rabiulakhir 1436 / 25 Januari 2015 08:10
haniyeh
PEMIMPIN senior Hamas Ismail Haniyah menyampaikan belasungkawa kepada Ikhwanul Muslimin Mesir atas kematian wakil pemimpin kelompok itu Jumaa Amin yang meninggal dunia pada hari Sabtu kemarin (24/1/2015), lapor Worldbulletin.
Dalam sebuah pernyataan, Haniyah memuji dukungan Amin untuk Jalur Gaza dan kunjungannya ke wilayah Gaza yang diblokade menyusul serangan Israel pada tahun 2012 lalu.
Amin, wakil Mursyid ‘Aam Ikhwanul Muslimin meninggal dunia di ibukota Inggris London Sabtu kemarin pada usia 81 tahun.
Amin telah meninggalkan Kairo menuju London dua bulan sebelum militer Mesir menggulingkan Presiden terpilih Muhammad Mursi pada pertengahan 2013 menyusul aksi protes besar-besaran terhadap pemerintahannya.
Pemerintah Mesir telah meluncurkan tindakan keras terhadap pendukung Mursi dan kelompok Ikhwanul Muslimin dengan menahan ribuan dan serta membunuh ratusan anggotanya.
Pada bulan Desember 2013, penguasa militer yang didukung menyatakan Ikhwan sebagai kelompok teroris menyusul serentetan serangan terhadap fasilitas keamanan.
Pihak berwenang menuduh Ikhwan membolehkan aksi kekerasan, namun tuduhan itu dibantah dengan mengatakan Ikhwan berkomitmen untuk aktifitas damai.[fq/islampos]

No comments:

Post a Comment